Gaya Hidup Masyarakat Perkotaan

1 views 8:46 pm 0 Comments November 19, 2021

Gaya hidup masyarakat di kota tentu sangat berbeda dengan mereka yang tinggal di desa. Lingkungan di perkotaan cenderung lebih heterogen dibandingkan dengan pedesaan. Anda akan menemukan lebih banyak karakter orang dari berbagai suku dan budaya ketika tinggal di sini.

Gaya Hidup di Kota

Tak bisa dipungkiri bahwa karakter dan pola hidup seseorang sangat dipengaruhi oleh lingkungan di mana ia tinggal. Begitu pun dengan masyarakat perkotaan yang cenderung memiliki perilaku berbeda dibandingkan dengan warga desa. Berikut ini gaya hidup orang di kota untuk Anda ketahui, di antaranya:

1. Individualis

Masyarakat di kota cenderung lebih individualis dan sibuk mengurus urusan mereka sendiri sehingga jarang yang bergantung pada orang lain. Kesibukan kerja cukup menguras waktu membuat mereka memiliki sedikit waktu untuk bisa bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.

Hingga akhirnya hal tersebut membuat pola berinteraksi masyarakat perkotaan hanya seperlunya saja. Maka tak heran jika di lingkungan kompleks perumahan akan jarang Anda temui warga saling mengenal satu sama lain di setiap rumah. Mungkin hanya tetangga kanan kiri saja yang mereka kenal.

2. Kompetitif

Peluang kerja di sini memang lebih terbuka luas dibandingkan di desa. Tak heran jika banyak masyarakat akhirnya merantau dari desa menuju ke kota untuk mencari kerja dan mengejar mimpinya. Namun, hal ini juga berdampak pada persaingan yang semakin ketat. Anda harus benar-benar memiliki skill dan kompeten untuk bisa bertahan.

3. Mewah dan Instan

Semua yang Anda butuhkan bisa ditemukan dengan mudah secara instan. Banyak mall dan pusat perbelanjaan menjual berbagai barang mewah. Fasilitas bisa menjangkau ke berbagai sudut wilayah di perkotaan pun membuat budaya hidup hedon turut menggerus mereka yang tinggal di kota.

4. Rasional

Mereka yang tinggal di kota memang cenderung hanya berinteraksi satu sama lain berdasarkan profesi serta minat. Interaksi semacam ini akhirnya menyebabkan masyarakat perkotaan cenderung memiliki cara berpikir lebih rasional.

Anda bisa mengikuti gaya hidup masyarakat perkotaan seperti disebutkan di atas. Beberapa orang yang sebelumnya tinggal di desa mungkin akan cukup kaget dengan shock culture ketika baru pertama kali menginjakkan kaki di kota.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *