Penyebab Jantung Koroner, Perhatikan Gaya Hidup

2 views 8:46 pm 0 Comments November 20, 2021

Jantung koroner merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup mematikan dan disebabkan karena terjadi kerusakan pada arteri koroner. Gaya hidup tidak sehat juga bisa menjadi penyebab seseorang menderita penyakit ini. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu menjaga pola hidup sehat.

Penyebab Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner cukup berbahaya dan bisa menyebabkan kematian. Kerusakan terjadi biasanya disebabkan karena adanya penumpukan ateroma yang terdiri dari kolesterol dan zat sisa metabolisme pada dinding arteri. Berikut ini beberapa faktor penyebabnya, di antaranya:

1. Rokok

Mereka yang mengkonsumsi rokok setiap hari lebih rentan dan beresiko terkena penyakit ini dibandingkan tidak merokok. Hal ini dikarenakan kandungan karbon monoksida dan nikotin pada asap rokok membebani kerja jantung sehingga daya pacunya harus bekerja dengan lebih cepat. Kedua senyawa ini juga bisa menyebabkan penggumpalan darah.

Selain itu, kandungan senyawa lain di dalam rokok juga bisa menyebabkan dinding arteri jantung rusak serta terjadi penyempitan. Perokok memiliki resiko 25% lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak merokok.

2. Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol tinggi juga menjadi penyebab lain seseorang bisa terkena penyakit jantung. Pengertian kolesterol sendiri merupakan lemak yang dihasilkan oleh hati. Selama kadarnya cukup sebenarnya bagus untuk proses pembentukan sel sehat. Namun, jika berlebih dapat menyebabkan jantung koroner.

Jenis kolesterol yang menumpuk pada dinding arteri adalah LDL atau kolesterol jahat dan akhirnya memicu terjadinya penyempitan. Batas maksimal kadar LDL normal adalah kurang dari 100 mg/dL. Jika lebih dari itu, maka sebaiknya waspada dan segera memperhatikan makanan yang dikonsumsi.

3. Aktivitas Fisik Kurang

Aktivitas fisik kurang juga dapat memicu penyakit jantung ini. Olahraga sangat bermanfaat untuk membantu mengontrol gula darah, kolesterol, serta membantu menurunkan tekanan darah. Sehingga jika kurang beraktivitas secara fisik, maka akan semakin memicu faktor-faktor penyebab lainnya.

Gaya hidup yang tidak sehat memang bisa berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh. Oleh karena itu, penting sekali untuk membangun dan meningkatkan kesadaran tentang pola hidup sehat sedari dini sebelum semuanya terlambat dan penyakit terlanjur menyerang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *