Peralatan Standar Bengkel Otomotif Untuk Anda Ketahui

1 views 8:21 pm 0 Comments November 14, 2021

Bagi yang berkutat dengan pekerjaan di bidang otomotif tentu tidak asing dengan berbagai jenis peralatan perbaikan komponen kendaraan. Alat-alat tersebut digunakan untuk memudahkan proses perbaikan, pembongkaran, serta pemasangan kembali komponen mesin. Apa saja alat-alat yang dibutuhkan di sebuah bengkel?

Peralatan Bengkel

Bagi Anda yang ingin mencoba memperbaiki motor atau mobil, maka bisa menggunakan beberapa peralatan standar seperti berikut ini, di antaranya:

1. Offset Ring Spanner/Kunci Ring

Kunci ring menjadi salah satu peralatan wajib dan harus ada karena memiliki fungsi untuk melepas mur baut. Ciri-ciri alat ini adalah kepalanya tertutup serta memiliki 12 gigi dengan kunci offset sekitar 45 derajat.

2. Open End Spanner/Kunci Pas

Kunci ini memiliki fungsi sama seperti halnya kunci ring yakni melepas mur baut yang tidak bisa dilepas dengan kunci jenis ring. Bentuknya seperti rahang serta tidak tertutup. Alat ini sangat berfungsi untuk menyetel toe, melepas baut spion, dan lain sebagainya.

3. Screwdriver/Obent

Alat bengkel otomotif satu ini memiliki fungsi untuk membuka dan mengencangkan sekrup. Jenis obeng yang digunakan bisa berjenis slotte (minus) atau philip (plus). Setiap jenis obeng memiliki ukuran berbeda-beda mulai dari ukuran kecil, sedang, hingga besar.

4. Gasket Scraper/Skrap

Gasket scraper memiliki fungsi untuk melepas material gasket sebelum komponen mesin dipasang kembali. Skrap ini akan merekat serta menempel ke dalam komponen. Contoh bagian yang terdapat gasket seperti antara karburator dan intake manifold, antara blok silinder dengan kepala silinder, dan lain sebagainya.

5. Side Cutting Plier /Tang Potong

Jenis tang yang banyak digunakan pada peralatan bengkel otomotif adalah tang potong. Fungsi utamanya adalah untuk memotong selang, kawat, baja/tembaga berdiameter kecil, hingga mengelupas isolasi dari kabel, dan lainnya.

6. Dongkrak

Alat ini menjadi salah satu peralatan penting dan tidak boleh ketinggalan karena memiliki peran cukup krusial. Fungsi dongkrak adalah untuk mengangkat sebagian sisi kendaraan baik di bagian depan, belakang, atau samping. Dongkrak sering digunakan saat memperbaiki komponen roda atau melepas roda.

Peralatan untuk bengkel otomotif standarnya adalah seperti disebutkan di atas. Selain itu, masih banyak lagi jenis-jenis alat lainnya yang sangat membantu proses perbaikan kendaraan.

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *